KBRI Beijing punya Atase Laut

Beijing (ANTARA News) – Kedutaan Besar RI di Beijing memiliki Atase Angkatan Laut dan merupakan yang pertama kalinya sejak normalisasi hubungan diplomatik Indonesia dengan China pada 1990.

Kolonel (Mar) Siswo Harsno yang sebelumnya bertugas di Brigade Infanteri Cilandak ditunjuk untuk menempati pos baru sebagai Atase Angkatan Laut KBRI Beijing.

“Ini bagian dari implementasi kerja sama komperehensif strategis Indonesia dengan China,” kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun kepada Antara di Beijing, Jumat.

Meskipun normalisasi hubungan diplomatik berlangsung sejak 1990 setelah sempat dibekukan sejak 1965, Indonesia dan China baru menjalin kerja sama komperehensif strategis pada 2013.

Kerja sama strategis tersebut meliputi penguatan tiga pilar, yakni bidang politik dan keamanan, bidang ekonomi, dan bidang sosial dan budaya.
 
https://www.antaranews.com/berita/780559/athan-kbri-beijing-naik-satu-tingkat
Implementasi kerja sama di bidang politik dan keamanan juga ditunjukkan dengan kenaikan satu tingkat Atase Pertahanan KBRI Beijing dari yang sebelumnya kolonel menjadi brigadir jenderal atau jenderal bintang satu.

Pada Desember 2018, hal itu sudah dilakukan bertepatan dengan berakhirnya masa tugas Atase Pertahanan KBRI Beijing yang lama Kolonel (Inf) Sjasul Arif.

“Dengan ‘upgrade’ itu, maka semua matra TNI harus ada di KBRI Beijing. Sekarang sudah ada (Angkatan) Darat, Udara, dan Laut,” kata Atase Pertahanan KBRI Beijing Brigjen TNI Kuat Budiman yang baru sebulan menjabat menjelang pergantian tahun lalu bersama dengan Atase Angkatan Udara Kolonel (Pnb) Eko Adi Nugroho yang menggantikan Kolonel (Sus) Basuki Wibowo.

Selain KBRI Beijing, beberapa posisi Athan lainnya yang naik satu tingkat dari kolonel menjadi brigadir jenderal, di antaranya di KBRI Washington DC (Amerika Serikat), KBRI Canberra (Australia), dan KBRI Riyadh (Arab Saudi).

Menurut Kuat, posisi Atase Pertahanan Kedutaan Besar China di Jakarta sudah lebih dulu dinaikkan. Saat ini Atase Pertahanannya dijabat oleh seorang pejabat Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) berpangkat senior kolonel yang setara dengan jenderal bintang satu di Indonesia. 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019