Jepang selenggarakan Kontes Manga Internasional ke-13

Jakarta (ANTARA) РKementerian Luar Negeri Jepang bersama dengan The Japan Foundation kembali menyelenggarakan Kontes Manga Internasional ke-13 dan telah membuka pendaftaran untuk lomba tersebut, berdasarkan keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Jepang di Jakarta pada Senin.

Informasi mengenai International Manga Award itu dapat dibaca pada situs http://www.manga-award.mofa.go.jp/index_e.html/

Adapun periode pendaftaran untuk kontes membuat komik khas Jepang (manga) itu dimulai dari Senin, 8 April 2019 hingga Jumat, 14 Juni 2019.

Dokumen pendaftaran untuk mengikuti kontes dapat dikirim ke Kedutaan Besar Jepang di Indonesia di Jalan M.H. Thamrin 24 Jakarta Pusat 10350 dengan batas waktu pengiriman paling lambat 14 Juni 2019 (berkas sampai di Kedutaan Besar Jepang).

Selain ke Kedutaan Besar Jepang, dokumen pendaftaran dapat dikirimkan ke PO BOX khusus Panitia Kontes Manga Internasional ke-13 yang akan diinformasikan lebih lanjut pada laman situs resmi informasi International Manga Award.

Dari semua karya yang diterima nanti, komik terbaik akan menerima “Gold Award” dan tiga terbaik lainnya masing-masing akan mendapatkan “Silver Award”. Para penerima penghargaan akan diundang datang ke Jepang atas undangan The Japan Foundation untuk menghadiri upacara penyerahan penghargaan.

Selama berada di Jepang, para pemenang juga dijadwalkan akan bersilaturahmi dengan manga-ka (komikus) Jepang dan melakukan kunjungan ke penerbit komik.

Untuk pengumuman para pemenang akan dilakukan sekitar bulan Desember 2019, sementara untuk upacara penyerahan penghargaan direncanakan dilaksanakan sekitar Februari 2020 mendatang.

Penghargaan Manga Internasional ditetapkan pada Mei 2007 atas inisiatif dari Menteri Luar Negeri Jepang saat itu, Aso Taro, dan hingga kini diselenggarakan setiap tahun dengan tujuan untuk memberikan pengakuan kepada para komikus yang berkontribusi bagi penyebaran budaya manga.

Baca juga: Komikus Indonesia raih penghargaan kontes manga internasional

Baca juga: Komik “One Piece” sampai “Dragon Ball” berbahasa Inggris bisa dibaca gratis

Baca juga: Komikus Rumiko Takahashi menangi festival komik Prancis

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019