Indonesia-Thailand peringati 70 tahun hubungan diplomatik tahun depan

Jakarta (ANTARA) – Indonesia dan Thailand akan memperingati 70 tahun hubungan diplomatik pada tahun 2020, pemerintah kedua negara akan bekerja sama mengadakan acara perayaan bersama.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Rabu.

“Terkait hubungan bilateral, tahun depan akan menandai 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Thailand,” ujar Menlu Retno Marsudi.

Menurut Menlu RI, pemerintah kedua negara berharap dapat menyelenggarakan acara bersama untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Thailand itu.

“Pada peringatan 70 tahun hubungan Thailand-Indonesia, kami tentu sangat senang bisa bersama-sama melakukan beberapa acara atau kegiatan,” ujar Menlu Thailand Don Pramudwinai.

Hubungan Indonesia dan Thailand telah lama terjalin dengan baik. Pemerintah kedua negara saling mendukung posisi masing-masing di berbagai forum dan organisasi internasional.

Pemerintah Indonesia pun mendukung keketuaan Thailand di ASEAN pada tahun ini. “Thailand saat ini adalah ketua ASEAN. Saya ingin menegaskan kembali dukungan Indonesia kepada Thailand untuk kepemimpinan di ASEAN tahun ini,” ucap Menlu Retno.

Terkait hubungan ekonomi kedua negara, nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Thailand menunjukkan angka yang cukup baik. Pada 2018, nilai perdagangan kedua negara mencapai 17,77 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Produk ekspor utama Indonesia ke Thailand antara lain berupa mesin, peralatan listrik, makanan, produk kertas, dan aksesori kendaraan.

Sementara produk yang diimpor Indonesia dari Thailand didominasi kendaraan bermotor, produk metal dan baja, tekstil, serta makanan. ***2***

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Eddy K Sinoel
COPYRIGHT © ANTARA 2019