Indonesia-Thailand dorong pengembangan konsep Indo-Pasifik ASEAN

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Indonesia dan Thailand sepakat berkolaborasi dalam mendorong pengembangan konsep bersama ASEAN tentang kerja sama Indo-Pasifik.

Kesepakatan itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Rabu.

“Terkait dengan konsep Indo-Pasifik, Indonesia sangat bersyukur dengan dukungan penuh Thailand sebagai ketua ASEAN. Indonesia berharap untuk melanjutkan kolaborasi baik dengan Thailand dalam pengembangan kerja sama Indo-Pasifik,” ujar Menlu Retno.

Menlu RI menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia menyambut baik teks kesepakatan negara-negara anggota ASEAN untuk memiliki pandangan bersama ASEAN tentang konsep kerja sama Indo-Pasifik, seperti yang juga diusulkan dalam Pertemuan Pejabat Senior ASEAN di Bangkok pada awal Maret tahun ini.

Negara-negara anggota ASEAN telah sepakat bahwa ASEAN perlu mengembangkan pandangan bersama tentang konsep Indo-Pasifik berdasarkan perspektif Indonesia yang menekankan sentralitas dan inklusifitas ASEAN.

Selain itu, Menlu Retno juga menyampaikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan “The High Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation and Indonesia-South Pacific Forum”, yang akan berlangsung pada 20-21 Maret 2019 di Jakarta, dengan mengundang perwakilan dari 18 negara.

“Dialog ini akan berfungsi sebagai platform untuk memperkuat kerja sama dan membangun rasa saling percaya dalam diskusi kerja sama Indo-Pasifik,” ucap Menlu Retno.  

Baca juga: Indonesia-Thailand-Malaysia sepakat kurangi ekspor karet 300.000 ton
Baca juga: Indonesia promosikan budaya Melayu di Thailand

 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019