AL Iran tingkatkan pertolongan di Golestan, yang dilanda banjir

Gorgan, Iran (ANTARA) – Personel Angkatan Laut Iran meningkatkan operasi pertolongan mereka di Provinsi Golestan, yang dilanda banjir, dengan pusat perhatian pada pembukaan kembali saluran air yang separuh terhambat menuju Laut Kaspia, kata komandan AL.

“Situasi di daerah yang dilanda banjir diperiksa dan dinilai secara rutin sehingga kami dapat memanfaatkan kemampuan pasukan AL untuk mengalirkan air banjir ke Laut Kaspia dan mengurangi kerusakan yang ditimbulkan pada Kota Gomishan,” kata Laksamana Hossein Khanzadi pada Jumat malam, setelah mengunjungi daerah yang dilanda banjir di Provinsi Golestan di bagian utara negeri tersebut.

Perlengkapan logistik dikerahkan ke daerah itu dan personel AL terlibat dalam operasi pertolongan dan bantuan, kata Khanzadi, sebagaimana dikutip Kantor Berita Iran, IRNA –yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam.

Komandan tersebut menyatakan makin cepat air meninggalkan daerah itu, makin sedikit kerusakan akan dialami oleh gedung dan prasarana.

Ia menekankan AL siap, bersama dengan personel lain Angkatan Bersenjata Iran untuk memberikan layanan buat warga yang menjadi korban.

Hujan lebat yang tak pernah terjadi sebelumnya mengakibatkan banjir di berbagai wilayah Iran selama dua pekan belakangan. Banyak orang meninggal dan cedera dan banyak lagi yang mengungsi di seluruh Iran.

Pada hari-hari awal banjir melanda, Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei menyeru semua personel Angkatan Bersenjata Iran agar turun-tangan untuk mengkonsolidasikan operasi bantuan.

Sumber: IRNA

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2019